Wednesday, May 8, 2019

Tata Surya

Sumber: InfoTataSurya
Masih tetep semangat belajarkan anak-anakku Sahabat Pembingkai Mimpi?
Tentu Puasa bukanlah suatu halangan bagi kalian bukan? Terlebih sebentar lagi kalian akan menghadapi PAT di akhir penghujung kalian belajar di kelas 7 tahun ini.
bab terakhir ni anak-anakku, apa itu? YA tentang Tata Surya. Dan tentu bab ini tidak asing lagi ditelingan kalian, mengingat tentu sudah kalian pelajari juga saat kalian duduk di bangku SD.
Tidak jauh berbeda, namun ada sedikit tambahan materi pengayaan bagi kalian jika di banding dengan materi yang kalian pelajari saat di SD dulu.
Coba perhatikan dan catat materi Tata Surya yang ada di Video berikut ini:

Nah kalian jadi lebih faham bukan?
Tentu donk anak pintar!
Yup materi tersebut yang minimal kalian kuasaai di bab ini ya anak-anakku yang hebat. Berikutnya yang kalian tunggu ni, hehe apa itu tugas dibab ini kan?
Nah sesuai penugasan yang telah Sir_m03L sampekan di Lab. Komputer berikut Sir_m03L sampaikan Link Upload tugas kelompok kalian:


Semangat Belajar untuk Membingkai Mimpi Kalian ya Anak-anak Hebat Ku!





Monday, April 22, 2019

Tim SMP IT PAPB Semarang Raih Medali Emas untuk Indonesia

Dari kiri, Wandha Martafia, Nabilla Meysun, Innes Edwin dan Lintan Maulidan berfose dengan menunjukan medali emas mereka di ajang I-Finog Malaysia 2019.
Malaysia- Diluar dugaan Tim Kreatif Sains SMP IT PAPB Semarang dapat meraih medali emas untuk Indonesia dalam ajang Internasional Festival of Innovation on Green Technology 2019 (I-Finog 2019) yang diselenggarakan di Universitas Pahang Malaysia 19-21 April kemarin. Dibawah bimbingan Bapak Mulyono, delegasi tim atas nama Wandha Martafiana, Lintang Maulida, Innes Edwin Magdalena dan Nabila Meysun ini sebelum berangkat hanya menargetkan Bronze Medal, mengingat mereka berempat masih duduk di kelas 7 SMP. Anak-anak pun tidak menyangka mereka berhasil membawa pulang Gold Medal dalam ajang I-Finog 2019 ini, karena saat latihan masih sedikit terkendala dalam bahasa Inggris.

Wandha Martafiana selaku ketua tim mengaku sangat terkejut saat mendengar bahwa timnya masuk dalam peraih Gold Medal. “Awalnya kami menangis dan yakin bahwa kita bakalan kalah, tetapi saat kami tahu kami mendapatkan Gold Medal tangis itupun berubah menjadi tangis bahagia kami”, ujarnya sambil tersenyum

Dalam kesempatan kali ini Tim Kreatif Sains SMP IT PAPB Semarang mengusung tema energi terbarukan dengan membuat inovasi “Matangin-023” yaitu sebuah kincir sumbu vertikal dengan tambahan panel surya di atasnya yang akan dapat mengkonversi dari tenaga matahari dan angin menjadi energi listrik dengan daya keluaran mencapai 200 watt. Lintang Maulida menambahkan bahwa yang mereka bawa dalam display karya kali ini hanyalah prototipe yang merekan buat semirif mungkin dengan alat sesungguhnya, mengingat dimensi yang tidak memungkinkan untuk mereka bawa. “Ukuran alat kami yang sebenarnya 1,25 x 0,3 x 0,3 m yang kami perkecil menjadi prototipe 60 x 15 x 15 cm agar bisa kami bawa ke Malaysia”, ungkapnya menjelaskan saat diwawancara.

Sedangkan Innes Edwin Magdalena dan Nabila Meysun selaku anggota tim juga merasa sangat bahagia atas kemenangan ini. Bisa menang dan membawa nama baik bangsa Indonesia akan menjadi kenangan dan kebanggaan tersendiri yang akan menambah semangat kami untuk belajar hal-hal baru untuk bisa kami teliti. “Kami masih kelas 7, ini awal titik perjuangan kami didunia penelitian, kedepan masih banyak mimpi yang akan kami wujudkan lewat penelitian”, ujar Nabilla sambil tersipu.

Sunday, April 14, 2019

Materi Liburan: Lapisan Bumi dan Atmosfer

Assalamualakum Wr.Wb.
Wah wah wah sudah di penghujung waktu belajar di rumah nie anak anakku pembingkai mimpi. Pasti sudah kangen belajar bersama temen-temen dikelas bukan? He he terlgitu menyenangebih dengan pelajaran IPA yang begitu Seru dan Menyenangkan. Betul kan? Ok, ni anak-anakku tugas yang kalian tunggu-tunggu, tugas IPA yang berkaitan dengan Lapisan Bumi dan Atmosfer. Uppps tapi sebelum masuk ke Tugas amati dulu gambar berikut yak yang tentu akan ada hubungan denan tugas kalian nanti.

1.  Lapisan Bumi
Sumber: otakatik.com
nah ter lihat dari gambar ter sebut beberapa lapisan bumi kita, nah terkhusus bagi kalian calon ahli Geologi akan kalian pelajari lebih detail lagi ilmu tersebut. Ingat urutan lapisannya tidak boleh terbolak-balik yak!

2. Lapisan Atmosfer
Sumber:amuzigi.com
Setelah lapisan bumi kalian juga harus tahu tentang lapisan Atmosfer atau lapisan udara juga yak, karena tak kalah pentingnya bagi kehidupan kita. Dari gambar tersebut ada beberapa lapisan yang memiliki peranan dan fungsi masing masing. Patut kita Syukuri anak-anakku karena tanpa lapisan-lapisan tersebut bumi kita akan banyak ancaman bencana dari luar angkasa.

Dua gambar tersebut sebagai bahan analisa kalian dalam mengerjakan tugas yak...

Semangat  Membingkai Mimpi ya anak-anakku!

Nah Berikut Tugas yang kalian Tunggu:

Monday, March 18, 2019

Pemanasan Global dan pencemaran Lingkungan

A. Pemanasan Global
Panas- "Wah-wah rasanya panas ya teman? terlebih kondisi mati lampu begini, AC mati yah terasa sauna dah." Tentu kondisi seperti itu pernah teman-teman alami bukan? Terlebih terasa panasnya kalau kalian tinggal di perkotaan yang pepohonan disana sudah sangatlah jarang. Nah kalian tidak ingin kondisi seperti itu terus terusan bukan?
Sumber: karyapemuda.com
Nah ilustrasi tersebut menunjukan perbandingan antara bumi yang hijau segar dan yang sudah rusak akibat pemanasan global. Tentu kita tidak ingin alam ini rusak, kitalah yang bisa mencegahnya mulai dari kita dan kita mengajak lingkungan kita untuk cinta terhadap bumi ini. Berikut beberapa contoh aktivitas yang bisa menyebabkan terjadinya global warming/pemanasan global yang layaknya kita cegah untuk massa depan bumi kita.
sumber: bintari
Kepada siapapun kita harus berani mengingatkan lho teman, sekali lagi demi masadepan bumi tempat tinggal kita dan ank cucu kita kelak. Aktivitas-aktivitas seperti terlihat dari gambar tersebut diatas layaknya kita hindari dan kita cegah agar suhu bumi tidak terus meningkat. Nah video berikut nie teman salah satu yang benar-benar merasakan dampaknya akibat pemanasan global selain kita disini.
Sumber: chanel youtube passangger news







B. PENGERTIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982).
Peristiwa pencemaran lingkungan disebut polusi. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. Contohnya, karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat rnemberikan efek merusak.
Pencemaran Sungai Akibat Sampah Plastik

Suatu zat dapat disebut polutan apabila :
Jumlahnya melebihi jumlah normal.
Berada pada waktu yang tidak tepat
Berada pada tempat yang tidak tepat
Sifat polutan adalah :
Merusak untuk sementara, tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi
Merusak dalam jangka waktu lama. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak.

C.    MACAM-MACAM PENCEMARAN
Ø Menurut tempat terjadinya
Menurut tempat terjadinya, pencemaran dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu pencemaran udara, air, dan tanah.
Pencemaran udara
Pencemar udara dapat berupa gas dan partikel. Contohnya sebagai berikut:
Gas HzS. Gas ini bersifat racun, terdapat di kawasan gunung berapi, bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara.
Gas CO dan COz. Karbon monoksida (CO) tidak berwarna dan tidak berbau, bersifat racun, merupakan hash pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup. Gas COZ dalam udara murni berjumlah 0,03%. Bila melebihi toleransi dapat meng- ganggu pernapasan. Selain itu, gas C02 yang terlalu berlebihan di bumi dapat mengikat panas matahari sehingga suhu bumi panas. Pemanasan global di bumi akibat C02 disebut juga sebagai efek rumah kaca
Partikel SOZ dan NO2. Kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk embun, membentuk awan dekat tanah yang dapat mengganggu pernapasan. Partikel padat, misalnya bakteri, jamur, virus, bulu, dan tepung sari juga dapat mengganggu kesehatan
Batu bara yang mengandung sulfur melalui pembakaran akan menghasilkan sulfur dioksida. Sulfur dioksida bersama dengan udara serta oksigen dan sinar matahari dapat menghasilkan asam sulfur. Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan jatuh sebagai hujan yang disebut hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Misalnya gangguan pernapasan, perubahan morfologi pada daun, batang, dan benih.
Sumber polusi udara lain dapat berasal dari radiasi bahan radioaktif, misalnya, nuklir. Setelah peledakan nuklir, materi radioaktif masuk ke dalam atmosfer dan jatuh di bumi. materi radioaktif ini akan terakumulusi di tanah, air, hewan, tumbuhan, dan juga pada manusia. Efek pencemaran nuklir terhadap makhluk hidup, dalam taraf tertentu, dapat menyebabkan mutasi, berbagai penyakit akibat kelainan gen, dan bahkan kematian Pencemaran udara dinyatakan dengan ppm (part per million) yang artinya jumlah cm3 polutan per m3 udara.
2. Pencemaran air
Polusi air dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar sebagai berikut:
Pembuangan limbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan  sampah domestik, misalnya, sisa detergen mencemari air. Buangan industri seperti Pb, Hg, Zn, dan CO, dapat terakumulasi dan bersifat racun.
Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan 02 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air
Fosfat hasil pembusukan bersama h03 dan pupuk pertanian  terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi, yaitu penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat pada alga (Blooming alga). Akibatnya, tanaman di dalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari terhalang.
Salah satu bahan pencemar di laut ada lah tumpahan minyak bumi, akibat kecelakaan kapal tanker minyak yang sering terjadi. Banyak organisme akuatik yang mati atau keracunan karenanya. (Untuk membersihkan kawasan tercemar diperlukan koordinasi dari berbagai pihak dan dibutuhkan biaya yang mahal. Bila terlambat penanggulangan-nya, kerugian manusia semakin banyak. Secara ekologis, dapat mengganggu ekosistem laut.
Bila terjadi pencemaran di air, maka terjadi akumulasi zat pencemar pada tubuh organisme air. Akumulasi pencemar ini semakin meningkat pada organisme pemangsa yang lebih besar.
3. Pencemaran tanah
Pencemaran tanah disebabkan oleh beberapa jenis pencemaran berikut ini :
Sampah-sampah plastik yang sukar hancur, botol, karet sintesis, pecahan kaca, dan kaleng Detergen yang bersifat non bio degradable (secara alami sulit diuraikan) Zat kimia dari buangan pertanian, misalnya insektisida.
4. Pencemaran suara
Polusi suara disebabkan oleh suara bising kendaraan bermotor, kapal terbang, deru mesin pabrik, radio/tape recorder yang berbunyi keras sehingga mengganggu pendengaran.
Menurut macam bahan pencemar
Macam bahan pencemar adalah sebagai berikut:
1.Kimiawi
Berupa zat radio aktif, logam (Hg, Pb, As, Cd, Cr dan Hi), pupuk anorganik, pestisida, detergen dan minyak
2. Biologi
Berupa mikroorganisme, misalnya Escherichia coli, Entamoeba coli, dan Salmonella thyposa.
3. Fisik;
Berupa kaleng-kaleng, botol, plastik, dan karet.
Ø Menurut tingkat pencemaran
Menurut WHO, tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu (lamanya) kontak. Tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut :
Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dan tubuh serta telah menimbulkan kerusakan pada ekosistem lain. Misalnya gas buangan kendaraan bermotor yang menyebabkan mata pedih.
Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan menyebabkan sakit yang kronis. Misalnya pencemaran Hg (air raksa) di Minamata Jepang yang menyebabkan kanker dan lahirnya bayi cacat.
Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besarnya sehingga menimbulkan gangguan dan sakit atau kematian dalam lingkungan. Misalnya pencemaran nuklir.
# Parameter Pencemaran
Dengan mengetahui beberapa parameter yang ads pads daerah/kawasan penelitian akan dapat diketahui tingkat pencemaran atau apakah lingkungan itu sudah terkena pencemaran atau belum. Paramaterparameter yang merupakan indikator terjadinya pencemaran adalah sebagai berikut :
a) Parameter kimia
Parameter kimia meliputi C02, pH, alkalinitas, fosfor, dan logam-logam berat.
b) Parameter biokimia
Parameter biokimia meliputi BOD (Biochemical Oxygen Demand), yaitu jumlah oksigen dalam air. Cars pengukurannya adalah dengan menyimpan sampel air yang telah diketahui kandungan oksigennya selama 5 hari. Kemudian kadar oksigennya diukur lagi. BOD digunakan untuk mengukur banyaknya pencemar organik. Menurut menteri kesehatan, kandungan oksigen dalam air minum atau BOD tidak boleh kurang dari 3 ppm.
c) Parameter fisik
Parameter fisik meliputi temperatur, warna, rasa, bau,  kekeruhan, dan radioaktivitas.
d) Parameter biologi
Parameter biologi meliputi ada atau tidaknya mikroorganisme, misalnya, bakteri coli, virus, bentos, dan plankton.

D.    PENANGGULANGAN PENCEMARAN
1. Penanggulangan secara administratif
Penanggulangan secara administratif terhadap pencemaran lingkungan merupakan tugas pemerintah, yaitu dengan membuat peraturan-peraturan atau undang-undang. Beberapa peraturan yang telah dikeluarkan, antara lain sebagai berikut :
a)     Pabrik tidak boleh menghasilkan produk (barang) yang dapat mencemari lingkungan. Misalnya, pabrik pembat lemari es, AC dan sprayer tidak boleh menghasilkan produk yang menggunakan gas CFC sehingga dapat menyebabkan penipisan dan berlubangnya lapisan ozon di stratofer.
b)    Industri harus memiliki unit-unit pengolahan limbah (padat, cair, dan gas) sehingga limbah yang dibuang ke lingkungansudah terbebas dari zat-zat yang membahayakan lingkungan.
c)     Pembuangan sampah dari pabrik harus dilakukan ke tempat-tempat tertentu yang jauh dari pemukiman.
d)    Sebelum dilakukan pembangunan pabrik atau proyek-proyek industri harus dilakukan analisis mengenai dampak lingkungan (AM-DAL).
e)     Pemerintah mengeluarkan buku mutu lingkungan, artinya standar untuk menentukan mutu suatu lingkungan. Untuk lingkungan air ditentukan baku mutu air , sedangkan untuk lingkungan udara ditentukan baku mutu udara. Dalam buku mutua air, antara lain tercantum batasan kadar bahan pencemar logam berat, misalnya fosfor dan merkuri. Didalam buku mutu udara, antara lain tercantum batasan kadar bahan pencemar, misalnya gas CO2 dan CO. Pemerintah akan memberikan sanksi kepada pabrik yang menghasilkan limbah dengan bahan pencemar yang melebihi standar baku mutu.
2. Penanggulangan secara teknologis
Penanggulangan pencemaran lingkungan secara teknologis, misalnya menggunakan peralatan untuk mengolah sampah atau limbah. Di surabaya terdapat suatu tempat pembakaran akhir sampah dengan suhu yang sangat tinggi sehingga tidak membuang asap. Tempat tersebut dinamakan insenerator.
3. Penanggulangan secara Edukatif
Penangkalan pencemaran secara edukatif dilakukan melalui jalur pendidikan baik formal maupun nonformal. Melalui pendidikan formal, disekolah dimasukkan pengetahuan tentang lingkungan hidup tentang lingkungan hidup kedalam mata pelajaran yang terkait, misalnya IPA dan Pendidikan agama. Melalui jalur pendidikan nonformal dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan pencegahan serta penanggulangan pencemaran lingkungan.
Dengan penyuluhan dan pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran baik secara individu maupun secara berkelompok untuk memahami pentingnya kelestarian lingkungan.


Nah Sebagai Latihan Soal kerjakan Quiz Berikut yakkkk,...
Semangat Belajar!

Wednesday, March 13, 2019

Rahasia Menembus Reseach Block Grant (Seameo-Seamolec)

Sumber Seameo Qitep In Science
Research- Menjadi 28 besar dari lebih 1400-an peserta dari kalangan pendidik dan akademisi rasanya sesuatu banget, diantara ga nyangka dan bersyukur karena Allah telah memberi kesempatan emas ini untuk bisa wawancara via video Converen (Vidcon) didepan juri profesional. Edaran Bock Grant Research dari Seamolec tahun ini tanpa pikir panjang saya ambil walau disela kesibukan bingung mencari ide penelitian yang memang harus Wauooo untuk bisa tembus proposal ini, mengingat persaingan yang begitu ketatnya.

Dalam seleksi Block Grant tahun ini yang mengambil tema besar pembelajaran di era pendidikan 4.0 peserta di wajibkan membuat video pendek yang harus di upload ke youtube guna di kirimkan linknya ke panitia seleksi. Video jangan terlalu panjang yak pastinya juri akan bosan karena begitu banyaknya proposal yang masuk, cukup sampaikan sesingkat mungkin apa inti dari isi proposal teman-teman dan jangan bertele-tele. Nah berikut nie teman contoh video tersebut:
loading...

Sumber: Youtube Pembingkai Mimpi

Nah tentu Selain Video yang jauh lebih penting adalah kualitas proposal kita teman, lantas kira kira apa sih rahasianya agar proposal kita bisa tembus sampai level ini?
berikut nie teman sedikit tips yang bisa saya bagikan, mohon maaf bukan bermaksud menggurui hehe tapi cerita aja pengalaman yang telah saya lakukan sehingga sampai ke level ini. hehehe ga ada salahnya kan berbagi, yupppppp langsung aja yak!

Rahasia Menembus Block Grant Reseach:
Pertama, Kekuatan ide. Benar sekali kasarnya kalau boleh dikata, setebal apapun proposal teman-teman kalau minim ide baru yang benar bener kuat tentu akan percuma, ingat lebih dari seribu kekuatan kita temen. So kuatkan ide, buat ide se waouuuu mungkin agar juri bener-bener tertarik dengan ide penelitian temen-temen. Dan tentu perlu digaris bawahi pula ide kuat tidak harus mahal ya temen. Makin Kuat Ide dengan biaya terjangkau akan jauh lebih menarik, coz akhirnya karya kita haruslah bisa di tiru ditempat lain.
Baca Juga : Tips Menjadi Guru Kreatif

Kedua, Buat anggaran biaya sewajar mungkin. Nah tentu juri bakalan paling tidak suka kalau menemukan, angka-angka yang tidak wajar ya teman. Indikasi markup dana akan begitu terlihat kalau kita membuatnya tidak wajar. Ingat kita masih dalam kondisi minta dana penelitian so harus sewajar dan usahakan sejujurnya sesuai anggaran yan memang benar-benar mau digunakan, dan hindari kesan mengada-ada.

Ketiga, Perhatikan kerangka/format laporan. Dalam lomba apapun biasanya panitia menginginkan format tersendiri. Jadi sesuaikan format yang teman-teman ajukan sesuai batasan yang disampaikan panitia. Boleh temen-temen tambahi asalkan format pokok dari panitia sudahlah temen-temen penuhi. So jangan menambahi dengan cara mengurangi ketentuan yang telah ditentukan.

Keempat, Kekuatan treck record temen-temen dibidang penelitian. Memang bukan yang utama, tetapi hal ini jadi penting karena akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan juri kepada kita. Bukan pertimbangan utama tapi hal ini akan berbicara, hehe tidak percaya buktikan saja.
Kenapa begitu? berkali kali tiap kali mengikuti event, baik lomba, pelatihan, kompetisi atau apapun itu yang harus menyertakan biodata, provil atau portopolio apapun itu Alhamdulillah dengan treck record yang sempurna alhamdulillah saya selalu mendapatkan posisi. Masih gak percaya? Buktikan sendiri ya teman.
Uppppp, tentu teman-teman jauh lebih berpengalaman dari itu semua,... tambahan masukan sangat saya harapkan,.. tentu dengan sedikit meninggalkan jejak dikolom komentar akan membuat saya lebih senang lagi dalam berbagi... hehe

Semangat Mencoba ya teman.....
Nah berikut contoh proposalnya nie teman, ini batasan minimal ya teman dan tentu bisa teman-teman kembangkan sendiri sesuai kebutuhan dan kepentingan teman-teman:

Download Contoh Proposa Research Block Grant

Thursday, March 7, 2019

Materi Tambahan IPA Hari Sabtu (1)

Gambar terkaitWah Semangat! anak-anakKu, bentar lagi gak terasa dah mau USBN! Tentu sudah siap bukan?Tentu!


Nah untuk bahan tambahan pelajaran besuk Hari Sabtu berikut  Sir_m03L sampaikan  latihan soalnya nih agar besuk bisa dibahas bareng pembimbing kalian.
silahkan klik link berikut untuk mendownload:

loading...
Dwonload dan diprint ya guysss besuk kita bahas

Semangat belajar yak!
Fokus, yakin bisa n selalu pegang prinsif KEJUJURAN yak agar lebih berkah ilmu yang kalian dapat! Serta endingnya sekolah harapan dapat kalian raih. Aamiin!

5 Jurus Guru Hebat, No 5 Sering Terlupa

25 Guru Hebat AAI batch2 



 “Jika ingin memberi anak ikan jangan sampai langsung membelikannya ikan goreng dan menyuapinya, akan tetapi belikan mereka pancingan. Dengan begitu mereka akan belajar dan tahu bagaimana caranya mendapatkan ikan, bagaimana memasak ikan sehingga nikmatnya rasa ikan akan bisa lebih mereka nikmati.” (Syaiful Bahri)


1.   Ajarkan bagaimana siswa belajar
Penulis masih teringat jelas pesan dari bapak Syaiful Bahri (Alm), beliau bapak mertua saya. Pesan beliau dalam mendidik anak diibaratkan dengan analogi memancing. “Jika ingin memberi anak ikan jangan sampai langsung membelikannya ikan goreng dan menyuapinya, akan tetapi belikan mereka pancingan. Dengan begitu mereka akan belajar dan tahu bagaimana caranya mendapatkan ikan, bagaimana memasak ikan sehingga nikmatnya rasa ikan akan bisa lebih mereka nikmati.”
Hindari mudah memarahi atau membenci atas kekurangan mereka, ingat mereka lagi proses belajar dan tentu hasilnya belum semaksimal sesuai yang kita harapkan. Sesekali beri pujian untuk menyemangatinya, beri masukan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mereka. Ajari bagaimana mereka belajar, tunjukan betapa mereka butuh belajar dan selalu ingat akan pentingnya belajar. Metode pembelajaran yang kreatif dan hebat memang sangatlah dibutuhkan, akan tetapi mengajari anak bagaimana cara belajar itu lebih penting.

2.   Pelajari bagaimana karakter dan potensi anak

loading...
Membuat mereka menemukan cara belajar yang sesuai untuk mereka adalah yang perlu ditemukan oleh kita seorang guru. Dengan tipe belajar yang mereka miliki masing-masing serta keunikan diri mereka tentu gaya belajar mereka juga kan lain. Anak tipe auditori tentu perlu perlakuan yang berbeda dengan anak yang memiliki tipe kinestetik. Pelajari karakter mereka, gunakan pendekatan yang berbeda untuk anak dengan tipe belajar yang berbeda. Hal ini bisa dilakukan minimal lewat penugasan yang berbeda, tanpa mengurangi bobot materi yang diajakan.

3.   Hargai anak dengan melibatkannya
Pembagian pola asuh anak kedalam tiga fase perkembangan anak perlu dilakukan.  Hal ini sesuai yang dilakukan oleh sahabat Ali bin Abi Tholib yang juga telah dituliskan oleh Nafik Palil dalam bukunya yang berjudul Menyiapkan Ananda Menjadi Sang Juara Kehidupan. Fase pertama usia 0-7 tahun perlakukan anak seperti raja (ajaklah mereka bermain), fase kedua usia 8-14 tahun perlakukan anak seperti tawanan perang (ajarkan mereka adab) dan fase ketiga usia 15-21 perlakukan anak seperti kawan (jadikan mereka sahabat). Ajak diskusi, cari masukan dari mereka, ajukan pertanyaan logika untuk mereka.

4.   Tampilah maksimal didepan anak
Tidak hanya tampilan menarik tapi sikap yang menarik juga perlu ditampilkan untuk menambah semangat anak dalam mengikuti pelajaran. Tujukan keteladanan tidak hanya dalam berpenampilan akan tetapi juga dalam bersikap. Tularkan sikap optimis untuk selalu prestatif pada mereka. Buat anak kagum seakan belajar adalah segalanya, dan guru bisa segalanya dengan cara kreatif yang anda tunjukan didepan mereka.

5.   Menjadikan murid hebat dizamannya
Teringat pesan Abib Hasan Al-Jufri asal semarang saat silaturahmi kerumah beliau.
“Tugas kita hanya mendoakan mereka (baca: anak-anak), tantangan mereka dizamannya jauh lebih hebat dari pada kita dulu. Kalaupun tidak dikabulkan sekarang, itu untuk anak mereka besok, kalau tidak untuk cucu mereka besok, cicit mereka dan seterusnya, insyallah pasti dikabulkan”. Pesan beliau bijak.
          Benar sekali kita hidup dan dibesarkan di akhir abad 20 sedangkan anak didik kita mulai tumbuh dan berkembang diabad 21. Terlihat jelas dari hal yang sederhana, mainan kita dulu dan anak kita sekarang saja sudah jauh berbeda. Tantangan era digital yang banyak mewarnai hari-hari mereka. Tentu perlakuan untuk mendidik merekapun tidaklah sama seperti cara orangtua atau guru kita dulu dalam mendidik kita. Ajarkan sikap pada mereka untuk selalu bijak dalam memanfaatkan teknologi. Ajarkan tentang kreatifitas untuk hidup mereka, buat mereka hebat dizamanya.



Friday, March 1, 2019

Kisi-Kisi dan Latihan Soal PTS2 IPA 2018/2019

Sumber: Doc. Pribadi
PTS2- Alhamdulillah ¾ tahun terlalui oleh kalian dalam menjalankan belajar di tahun ajaran 2018/2019 ini. Nah waktunnya Penilaian Tengah Semester 2 (PTS2) pun tiba. Belajar tentu harus kan ya? Nah namun belajar agar lebih terarah perlu ada yang namanya kisi-kisi. Berikut akan Sir_m03L sampaikan apa saja Kisi-Kisi PTS2 IPA tahun ini:
1. Organisasi Kehidupan
    a. Bagian Sel dan Fungsinnya
    b. Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
    c. Fungsi bagian sel batang dan sel daun
atau dapat kalian baca dari link berikut:



loading...

2. Interaksi Makhluk Hidup

    a. Simbiosis (3) Mutualisme, Komensalisme, parasitisme contoh dan penjelasannya
    b. Predasi, kompetisi, netral, antibiosis dan contohnya
    c. Rantai makanan dan jaring-jaring makanan
3. Pencemaran Lingkungan
    a. Pencemaran Air, Udara dan Tanah
    b. CFC hubungannya dengan pemanasan global dan lapisan ozon
    c. Pengurangan dampak pencemaran lingkungan dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recicly)
Tandai materi materi tersebut dari buku paket Beruang kalian yak,.. 

Link Download Latihan Soal PTS2 IPA kelas 7:
semoga Anak-Anakku diberi kemudahan dalam menjalankan PTS2 ini, 
Yupppp 
Semangat Belajar dan Membingkai Mimpi yak! Sukses untuk kalian. Aamiin


Saturday, February 23, 2019

Download Juknis Penulisan Buku Bacaan 2019

Sumber: Kemdikbud
Buku Bacaan - Kabar bahagia bagi seluruh pecinta dan penggerak literasi di Indonesia, kabar apa itu? Yuppp kesempatan untuk menjadi penulis buku cerita anak yang diperuntukan untuk usia Paud – SD kelas 3. Dan setiap orang berkesempatan untuk mengikutinya. Bukan hanya guru atau penulis tapi kesempatan ini terbuka untuk umum. Anda siap mengikutinya? Siap berbagi cerita? Dan siap menginspirasi untuk mengembangkan dunia literasi?
Yuk, simak syaratnya apa saja yuk!
Syarat dan ketentuan peserta:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia
2. Memiliki pengalaman menulis buku bacaan anak untuk usia SD kelas 1,2 dan 3 serta untuk PAUD (usia 4-6 tahun)
3. Mengajukan ringkasan naskah buku (minimal 1 halaman diperuntukkan untuk anak usia SD kelas 1,2 dan 3 serta untuk PAUD usia 4-6 tahun)
4. Memiliki kemampuan ilustrasi (Jika tidak wajib bekerjasama dengan ilustrator profesional)
Nah mudah bukan? Lantas tema buku yang harus kita tulis apa saja sih?
Berikut tema yang harus kita tulis:
1. Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan
Fokus Karakter: Peduli Lingkungan, disiplin dan tanggung jawab
2. Arsitektur Tradisional
Fokus Karakter: Rasa Ingin tahu, semangat kebangsaan dan kreatif
3. Aktivitas Ekonomi Kreatif
Fokus Karakter: kreatif, kerja keras dan rasa ingin tahu
4. Diversifikasi Pangan dan Tradisi Kuliner
Fokus Karakter: cinta tanah air mandiri dan kreatif
5. LanskapPerubahan sosial masyarakat pedesaan dan perkotaan
Fokus Karakter: Peduli sosial, peduli lingkungan dan rasa ingin tahu
6. Bahasa dan Sastra Indonesia
Fokus Karakter: gemar membaca, komunikatif dan semangat kebangsaan
7. Toleransi dan kebinekaan
Fokus Karakter: Toleran, cinta damai, dan demokratis
8. Kebencanaan
Fokus Karakter: peduli sosial, peduli lingkungan dan tanggung jawab
9. Kesenian
Fokus Karakter: menghargai prestasi, kreatif dan cinta tanah air
10. Kecakapan Hidup
Fokus Karakter: jujur, mandiri dan religius
11. Anti korupsi
Fokus Karakter: jujur, religius dan tanggung jawab
12. Kemaritiman
Fokus Karakter: cinta tanah air semangat kebangsaan dan kerjakeras

loading...

Familiar kan dengan keseharian kita, wah tambah semangat ingin segera menuliskan tentunya? Yupp nantinya akan diambil 170 karya yang akan diterbitkan, dan setiap karya akan dihargai sebesar 12.500.000 rupiah, hehe tentu dipotong pajak dulu ya.
Nah untuk lebih jelasnya silahkan download juknisnya dilink berikut:


Sunday, February 3, 2019

Download Materi Lomba Menulis Artikel Kebencanaan

Cover Buku Saku Tanggap Bencana
Bencana- Berdasarkan Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana secara jelas menyatakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, baik dalam situasi tidak terjadi bencana maupun situasi terdapat potensi bencana. Berdasarkan hal tersebut diharapkan melalui pendidikan mampu melakukan upaya pengurangan risiko bencana. Sehingga dapat mencapai sasaran yang lebih luas serta sikap sadar bencana dapat diperkenalkan secara lebih dini kepada seluruh peserta didik, dengan mengintegrasikan pendidikan pengurangan risiko bencana kedalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mempunyai tanggung jawab untuk membina dan mengembangkan profesi guru. Didasari dari belum optimalnya upaya mengakomodasi potensi-potensi guru dalam menulis khususnya tentang pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana. Maka, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus melalui Subdirektorat Kesejahteraan, Penghargaan, dan Pelindungan melaksanakan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka dalam rangka menggali gagasan (ide) dan/atau menuangkan hasil praktik baik (best practice) serta meningkatkan kesadaran akan kesiapsiagaan bencana.

Persyarata Peserta

Adapun Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana adalah sebagai berikut.

a. Guru Jenjang SMA/SMK dan Pendidikan Khusus
b. Tercatat di Dapodik Kemendikbud yang dibuktikan dengan tangkapan layar (Screenshot) dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
c. Karya dilampiri lembar pengesahan yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Guru pada Dinas Pendidikan Provinsi/Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi

Tanggal Penting
1. Pendaftaran dan Pengiriman Artikel Online 1 Februari – 31 Maret 2019
2. Seleksi administrasi 1 – 5 April 2019
3. Penilaian Artikel 15 Maret – 8 April 2019
4. Penetapan Pemenang 24 – 26 April 2019o

Dowload Panduan Lomba:
Klik disini Panduan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana


Adapapun sebagai reverensi untuk mengikuti kegiatan lomba tersebut berikut penulis sampaikan beberapa materi tentang kebencanaan yang kami peroleh dari Pelatihan Pemantauan Dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang pada tanggal 2 Februari 2019 di Balai Kelurahan Semarang Barat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Semarang.

Klik untuk Download Materi:

loading...


Berikut juga Penulis sampaikan artikel yang telah penulis buat tentang gagasan kurikulum bencana yang dapat dijadikan sebagai referensi, silakan klik untuk Membaca:

Majukan Pendidikan Indonesia, Jadilah Masyarakat Sadar Bencana,
Semoga Bermanfaat!


Tuesday, January 29, 2019

SEAMEO: Virtual Converence Indonesia Batch 2 (Sukseskan Pendidikan 4.0 di Indonesia)


VCI6- Senang rasanya mendapat kesempatan bergabung untuk belajar bersama guru-guru hebat seluruh Indonesia. Total pendaftar yang hampir menyentuh angka 4000 memberikan catatan tersendiri bahwa semangat seorang guru untuk terus belajar belumlah padam, karena ditangan merekajugalah kedepannya yang akan menjadi faktor penentu mutu pendidikan di Indonesia. Terlebih diera pendidikan 4.0 ini. Semangat haus akan ilmu, untuk terus belajar dan saling berbagi pengalaman maupun praktek baik dari masing-masing guru yang tergabung dalam peserta seleksi calon kooedinator diklat daring atau yang nantinya di sebut Virtual Convernce Trainer ini yang akan membangun iklim untuk terus belajar dikalangan para pendidik. Untuk itu panitia dalam kesempatan ini akhirnya membagi menjadi 15 regional atau kelompok, dan dalam kesempatan kali ini penulis tergabung pada VC Indonesia 6 regional Jawa Tengah.
Alhamdulillah genap seminggu mengikuti kegiatan ini, penulis merasa senang karena dapat menimba banyak ilmu baru dari berbagai latar belakang ilmu. Terlebih seluruh penugasan sudah terampungkan semuanya di minggu pertama. Harapan kedepannya tulisan ini bisa menjadi gambaran bagi peserta yang ingin bergabung di VCI batch 3 tahun 2020 mendatang.
“Lantas apa saja sih yang dijadikan penugasan bagi para peserta seleksi dalam VCT ini?”
“Yup…” setiap peserta seleksi diwajibkan untuk bisa memenuhi 2 kali sebagai Pemateri/Presenter, 2 kali sebagai Host dan 2 kali sebagai Moderator, tentu lengkap dengan rekap absensi, flayer untuk promosi/publikasi, serta link uploadtan materi presentasi serta rekaman video selama presentasi berjalan yang telah diupload ke youtube. Sebagai gambaran berikut tugas dari Pemateri, Host dan Moderator:
    1.    Tugas Pemateri/Presenter:
Memaparkan Materi dengan Singkat Padat dan Berisi
Menjawab Pertanyaan Peserta vicon
Mengakhiri kegiatan dengan menyampaikan kesimpulan

2.    Tugas Host:
Membuka acara vicon
Memperkenalkan presenter dan moderator
Menyerahkan kegiatan pada moderator
Mengatur tampilan Shoting kamera dan micropone peserta ketika acara berlangsung
Membantu moderator selama acara berlangsung demi kelancaran acara

3.    Tugas Moderator:
Memberikan kesempatan presenter untuk menyampaikan materi
Mengingatkan presenter berkaitan batasan waktu penyampaian materi
Merekap pertanyaan yang ada pada kolom chat dan menyampaikannya pada saat sesi tanya jawab
Mengatur laju tanyajawab saat ada penanya langsung lewat micropone
Mengakhiri kegiatan bersaman presenter dan mempersilakan presenter menyampaikan kesimpulan
Menyerahkan kembali room vicon ke Host untuk mengakhiri kegiatan

Adapun dalam praktek menjalankan tugasnya antara Presenter, Host dan Moderator harus saling koordinasi. Sebagai gambaran dalam batch 2 ini dalam setiap harinya terdiri dari 10 sesi yang dimulai dari pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 21.30 dengan pembagian masing masing sesi 1 jam yang dialokasikan untuk penyampaian materi dan Tanya jawab yang sebelumnya dibuka oleh Host dan di pandu oleh Moderator. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar salah satu contoh flyer jalannya kegiatan dalam satu hari berikut:

Dedangkan jika menghendaki pemateri/presenter bisa membuat flyer khusus untuk kepentingan promosi/publikasi dalam satu tema tertentu.

Terlihat dari dua gambar tersebut tertulis kata Meeting Room, Pasword dan Meeting Link. Nah untuk mengikuti kegiatan online ini sendiri setiap peserta harus menginstal aplikasi Webex. Nah setelah menginstal aplikasi tersebut untuk dapat bergabung kesana setiap peserta harus mengklik joint  atau bergabung dengan memasukan meeting room dan password. Atau dapat mengngeklik langsung di meeting link . Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar tampilan awal webex berikut:

Berikut tampilan webex setelah joint meeting:
Adapun program ini dapat dijalankan baik di HP maupun di laptop. Sedangkan sebagai catatan dalam pelaksanaan online ini berikut catatan kendala saat jalannya diklat berdasarkan pengalaman penulis:
1.    Butuh jaringan internet yang lumayan kuat untuk menjalankan diklat ini mengingat butuh tampilan video dan suara secara online, sehingga apabila terkendala dalam sinnyal tampilan video ataupun suara tidak akan tersambung dengan jelas. Untuk mengurangi resiko tersebut peserta kami anjurkan menggunakan HP.
2.    Kelemahan menggunakan HP jika dibandingkan dengan menggunakan PC atau Laptop adalah hanya di segi tampilan saja. Terkhusus saat menjadi Presenter apabila belum terbiasa menggunakan atau joint sebagai presenter menggunakan HP tentu akan banyak terjadi kendala. Terlebih apabila ada beberapa tampilan presentasi yang tidak support ditampilkan di HP. Untuk itu ujicoba dulu tampilan presentasi anda sebelum memutuskan untuk menyajikannya lewat HP.
3.    Apabila peserta mendapatkan posisi host tetapi terkendala dengan sinyal yang kurang kuat, maka dimungkinkan posisi Host akan berpindah tempat secara otomatis ke peserta yang memiliki sinyal kuat.
4.    Hindari penggunaan HP dan Laptop dengan posisi spiker keduanya sama-sama on, kalau tidak ingin terjadi feedback suara yang memekakkan telinga.
5.    Kecuali Presenter, Host dan Moderator seyogyanya memasang micropone pada mode mute untuk menghindari ganguan suara akibat feedback suara.
6.    Kurang lancarnya hal-hal tersebut memungkinkan pula dampak terhadap gagalnya merekam saat jalannya kegiatan dengan menggunakan program atau aplikasi perekam layar. Ingat hal ini menjadi penugasan! Kekompoka tim akhirnya sangat dibutuhkan disini. Usahakan lebih dari satu peserta yang melakukan perekaman saat jalannya kegiatan untuk menghindari gagalnya pengambilan video rekaman.
Therakhir setelah semua penuggasan dalam kegiatan anda jalankan jangan ketinggalan upload semua keperluan dalam bentuk link sebagai bahan laporan akhir ke panitia sesuai yang diinginkan panitia. Tunggu hasil dan anda siap mendapatkan sertivicat sebagai Virtual Converence Coordinator.
Berikut contoh laporan yang dibuat dalam bentuk link, youtube dan google drive
Tugas :
a.      Moderator
1. Minggu 20 Januari 2019 jam 08.00-09.00 WIB
2. Senin 21 Januari jam 15.30-16.30 WIB
c.      Host: Tanggal Minggu 27 Januari Sesi 3 dan Sesi 6
d.      Penyaji/ Presenter
1.      Tanggal 26 Januari 2019 sesi 7
2.      Tanggal 27 Januari 2019 sesi 8
Tgl 27 https://youtu.be/lCHxVNLTjeY   link ppt https://drive.google.com/open?id=1xWjeDu2kixevd05Q9TFnUD8VHyI9Io5A 
tgl 26 https://youtu.be/Wp1FuAbfVx0 link ppt https://drive.google.com/open?id=1iykohpvFPVMNzlw53XczfMZudGmcDreI
dengan catatan link tersebut dapat juga di singkat menggunakan bit.ly atau gg.gg
Salam Sukses dan semangat berbagi!

Friday, January 18, 2019

Lomba Gambar Peta Internasional untuk Anak


Gambar Peta – Lomba gambar kali ini diselenggarakan oleh Badan Informasi Geospasial dan bersifat geratis. Hehe tapi kali ini khusus untuk anak dari usia kurang dari 6 tahun hingga 15 tahun dengan kategori sebagai berikut:
Kelompok A: <6 tahun
Kelompok B: 6 – 8 tahun
Kelompok C: 9 – 12 tahun
Kelompok D: 13 – 15 tahun  (terhitung pada 1 mei 2019)

Syarat dan ketentuan:
1.     Gambar Sesuai Tema “We Love Map” (kita Cinta Peta)
2.     Belumpernah dilombakan
3.     Ukuran gambar maksimal A3 dengan media bebas
4.     Boleh dengan bahan daur ulang dengan batasan ketebalan maksimal 5 mm
5.     Pewarnaan bebas
6.     Identitas dicantumkan dibelakang gambar (Judul, Nama Lengkap, Jenis kelamin, No. telepon, tempat dan tanggal lahir, alamat rumah, sekolah/sanggar)

Hadiah:
Total hadiah 55 Juta dan 6 pemenang utama akan dikirim ke lomba gambar Internasional di Tokyo Jepang pada konggres ICA ke-29 pada tanggal 15-20 Juli 2019

Date Line:
Gambar asli dikirim/diantar dalam amplop tertutup paling lambat  28 Februari 2019 cap pos.
Ditujukan kepada:
Skretariat Lomba Gambar Peda Bidang Promosi dan Kerja Sama pusat Penelitian Promosi dan Kerjasama Badan Informasi Geospasial Gedung C lantai 1 Jl. Raya Jakarta Bogor Km 46 Cibinong Bogor 16911


Info Lengkap kunjungi:
www.big.go.id
loading...

3 Best Projects in Science with the theme of Cell Models. Are your group the best?


Asslamualaikum Sobat Pembingkai Mimpi, tetap semangat belajar yakkkk untuk mewujudkan mimpi kalian. Seperti janji Sir_m03L minggu kemarin berikut akan Sir_m03L sampaikan 3 Best Projects in Science with the theme of Cell Models. Are your group the best?
1.   Model Sel Hewan
Kenapa kelompok ini terpilih sebagai kelompok terbaik? Penasaran?
 
Hasil Kerja Kelompok 1 7A
Kelompok ini terlihat bekerja kompak dan paling cepat menyelesaikan tugas hingga mampu mengumpulkannya sebelum date line. Ditambah hasil kerja mereka termasuk memuaskan dengan pilihan warna, bahan dan keterangan lengkap.
Ingin kenal siapa mereka? Ini dia kelompok itu:
1. Maritza Dhena Alifya
2. Fara Hasti Asyatul V
3. Naura Hanifika Mysna
4. Nafisha Prita Aurelya
5. Zaskia Aulia Ramadhani
6. Anisa Naswa Azzahra
7. Aulia Intan Sari

loading...
2.   Model Sel Tumbuhan
Kelompok ini juga tak kalah kompak dengan kelompok sel hewan tersebut, yang paling membuat capaian nilai maksimal dari kelompok ini adalah kekompakan dan hasil kerja yang rapi serta lengkap dengan keterangan. Lihat nie hasil kerja mereka:
Hasil Kerja Kelompok 1 kelas 7C

they is are

3.   Kelompok Terkreatif
Nah kalau yang ini kelompok yang awalnya terlihat malas tapi ternyata mereka memiliki solusi tersendiri yang tidak terpikir oleh kelompok lain. Kemampuan menyelesaikan masalah dalam waktu terdesak membuat kelompok ini mencapai hasil tertinggi dikelasnya. Mantab buka?
Siapa mereka? Ini dia:
Hasil Kerja Kelompok 5 Kelas 7 D
Created by: Naafil, Azka, Rashel Rangga, Ayub, Indra.

Selamat ya guysss,, terus kembangkan kreativitas kalian yak..../!