Wednesday, September 12, 2018

Bagaimana Juarai Display INOBEL?

Menindaklajuti artikel pertama per tanggal 11 September kemarin,  tentang "Mau Menjadi Juara INoBeL?". Banyak bersliweran pertanyaan yang masuk ke chat WA penulis yang menanyakan tentang bagaimana kunci dalam menampilkan display pameran produck inovasi pembelajaran hasil karya para finalis. Baik apa dari apa yang perlu dipersiapkan, dan harus bagai mana untuk bisa tembus 10 besar finalis INoBeL. Juara sebenarnya memang sudah kelihatan dari penilaian para Juri pakar, dinggal sesi terakhir penjurian wawancara dan display. Dan tentu wawancara sudalah biasa bagi sekelas guru yang telah masuk kontestasi Nasional. 
"Display", ini lah point besar berikutnya yang harus bisa para finalis rebut untuk bisa jadi Juara. Nah gak perlu panjang lebar lagi, berikut gambaran display yang pernah penulis sajikan dari karya penulis yang telah memenangkan beberapa kontestasi.
Nah minimal apa saja yang harus ada di display Inobel?
1. Cek ulang buku panduan lomba Inobel Terbaru tentang borang penilaian display. Syarat minimal hal tersebut harus anda penuhi.
2. Display harus "Waoooouuuu", yang bukan berarti heboh tanpa arti. Harus bisa semenarik mungkin bagi pengunjung, atau bisa dikata ciptakan magnet di stand display anda.

loading...
3. Display dalam bentuk Audio Visual akan sangat mendukung sekali. Mengingat semenit tayangan video bisa menggambarkan ribuan makna. Buat video tentang keunggulan karya anda serta pemanfaatannya dalam pembelajaran. Ingat posisi peletakan display digital ini juga harus anda pertimbangkan dan jangan sapai merusak suasana display menjadi tidak nyaman dilihat.
4. Siapkan brosur tentang ringkasan karya anda untuk dibagikan ke setiap pengunjung yag mampir ke stand anda selain barner yang telah anda buat. Tentu sambil persilakan mereka mengisi daftar hadir yang telah anda sediakan.
5. Terakhir tunjukkan hasil inovasi anda yang bener bener bisa di peragakan oleh setiap pengunjung stand. Dan tentu ingat durasi untuk mempraktekan jangan memakan waktu terlalu lama.

Ok semoga bisa memberi kemanfaatan. Selamat berjuang untuk menjadi pemenang. Tunjukkan yang terbaik, terus belajar, dan jangan lupa sebarkan ilmu yang telah anda miliki. Insyllah disitulah letak keberkahan Juara dan ilmu anda. 

Tulisan Ini akan Jauh Bermanfaat jika teman-teman sudi membagikannya ke yang lain. Semoga!.


loading...

No comments: