Friday, December 28, 2018

4 Kunci Juarai Lomba Best Practice




Penulis Saat Menerima Piala Lomba Best Practice Jateng 2018
Best Practice - Pertanyaan “Terus nek wes Juara meh opo?” (terus kalau sudah juara  mau apa?) Share ilmu minimal tentang apa yang telah kita lakukan hingga mengantarkan kesuksesan kita. Kali ini penulis akan sedikit berbagi tentang bagaimana sih kunci juarai lomba Best Practice (pengalaman penulis sebagai juara lomba Best Practice tingkat Jawa Tengah 2018). Memang lomba ini bisa dikatakan bergengsi, karena yang bisa mengikutinya hanya mereka yang telah melakukan sesuatu secara berulang dan menghasilkan sesuatu yang bisa dikatakan praktek baik (Best Practice) yang bisa ditularkan keorang lain. Ga usa panjang lebar lagi berikut 4 kunci dalam menjuarai lomba Best Practice yang telah penulis lakukan.
mau apa?), tersasa begitu menusuk perasaan dan menjadi beban tersendiri apabila setelah juara tidak melakukan apapun. Tiba saatnya memang harus


1.    Cari praktek baik apa yang telah anda lakukan, kaitkan dengan isu pendidikan ter update
Sebisa mungkin praktek baik yang dilakukan telah dilakukan lebih dari 2 semester, karena makin lama praktek baik ini dilakukan akan makin besar pula pointnya. Mengingat kebaikan yang berulang tentu telah mengalami beberapa penyempurnaan. Temukan apa saja yang telah anda lakukan dalam pembelajaran, membina ekstra atau pun menggerakkan program dan kultur sekolah sehingga terjadi perubahan yang berati

2.    Sampaikan hasil dan dampak dari praktek baik yang telah anda lakukan
Makin besar hasil dan dampak yang timbul akibat praktik baik kita tentu akan makin besar pula point penilaiannya. Perubahan sikap, perubahan kinerja, perubahan prestasi menjadi yang lebih baik biasanya masih menjadi tolok ukur dari hasil dan dampak dari praktik baik yang telah kita lakukan. Baik hasil dan dampak untuk diri kita, anak didik kita maupun sekolah ataupun lembaga kita itu yang akan dinilai.

3.    Tunjukan rencana pengembangan kedepan dari praktek baik yang telah anda lakukan
Agar dapat ditiru dan dilakukan ditempat ataupun orang lain buat rencana pengembangan kedepan ataupun rekomendasi dari apa yang telah kita lakukan. Makin banyak pengembangan tentu praktik baik kita juga akan makin best, mengingat yang kita berikan belum tentu cocok dilakukan ditempat lain dan bisa jadi dari rekomendasi yang kita berikanlah yang bisa diterapkan dan diduplikasi. Dan itu juga sebagai catatan dampak seperti yang telah diulas di point 2.

4.    Diskripsikan dalam bentuk laporan
Dalam Best Practice tugas kita tidak lagi membuat penelitian ulang. Itu yang menjadi point utama, akan tetapi hanya memaparkan dalam bentuk diskripsi tentang apa yang telah kita lakukan. Tentu dalam paparan butuh bukti yang kuat untuk meyakinkan juri. Hal ini biasa dalam bentuk foto, video maupun testimony dari pihak pihak yang telah mengalami dampak dari praktik baik kita. Sekali lagi jangan buat ulang alat ataupun penelitian karena tugas anda sekarang hanya mendiskripsikan apa yang telah anda lakukan!

Untuk itu berikut penulis sampaikan Kerangka Isi Laporan Best Practice Berdasarkan Lampiran 5b. Buku 4 Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru,
1)   Bagian Awal
Terdiri dari halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar label, daftar gambar, dan Lampiran; serta abstraksi atau ringkasan.
2)   Bagian Isi
Umumnya terdiri dari beberapa bab, yakni:
a) Bab Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan, dan Manfaat. b) Bab Kajian/Tinjauan Pustaka.
c) Bab Pembahasan Masalah yang didukung data berasal dari satuan pendidikannya.
Cara pemecahan masalah yang menguraikan langkah-langkah atau cara-cara dalam memecahkan masalah, termasuk hambatan hambatan yang harus diatasi yang dituangkan secara rinci. (Hal yang sangat perlu disajikan, pada bab ini, adalah keaslian, kejelasan ide/gagasan, dan kecemerlangan ide terkait dengan upaya pemecahan masalah di sekolah/ madrasahnya. Uraian ini merupakan inti tulisan Best Practice.
3)   Bab Kesimpulan dan Rekomendasi
4)    Bagian Penunjang:
Memuat daftar pustaka dan Lampiran data yang digunakan dalam melakukan tinjauan atau gagasan ilmiah.

1 comment:

lovemachoco said...

numpang promote ya min ^^
buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
|| WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||