Thursday, December 20, 2018

5 Tips dalam Menulis, No 5 Sering Terlewat

Sumber: hipwee

Keahlian- Menulis sebenarnya bukanlah sebuah bakat, tapi hal tersebut tumbuh seiring dengan kebiasaan yang dibangun dengan konsisten. Memang alasan sebagian orang untuk tidak mau menulis karena tidak memiliki bakat, padahal itu salah. Berikut sedikit saya sampaikan ni sedikit tips dalam menulis, jangan ada yang terlewat ya sobat UC-errs. Terkusus bagi kalian yang belum memiliki kebiasaan seperti berikut:
1.   Perkaya tulisan dengan membaca
Kegiatan yang satu ini terkadang jarang dilakukan karena alasan malas, padahal dengan banyak membaca akan memperkaya referensi dan kosa kata dalam pikiran kita. Dan itulah apa-apa yang akan keluar saat kita menuliskan sesuatu. Karena bahan bacaan kita sangat berpengaruh terhadap hasil tulisan kita. So jangan malas membaca ya sobat UC-errs, termasuk membaca tulisan di artikel UC ya.
2.   Jangan menunda waktu menulis
Sebagian orang menulis harus nunggu mood atau nunggu ada moodboster dan itu salah. Jangan pernah menunda waktu menulis karena ide datang setiap saat dan datangnya mungkin hanya sesaat. So segera tuliskan begitu ide itu datang, ingat keburu kelewat. Untuk itu selalu siapkan alat tulis dan kertas dimana saja kalian berada ya sobat, atau minimal note di HP harus selalu on untuk siap menuliskan ide-ide liar yang sering datang.
3.   Baca ulang tulisan yang sudah kamu buat
Membaca ulang tulisan yang bisa dikata sudah jadi tentu perlu, karena kita tidak sempurna. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan Bahasa dalam menulis ataupun typo atau salah ketik tulisan. Gak ingin kan tulisan kita tidak termuat gara-gara hal sepele tersebut?
4.   Minta pendapat orang lain tentang tulisanmu
Selain membaca ulang tulisan yang sudah kita buat, minta pendapat orang lain tentang tulisan kita juga tak kalah penting lho sobat! Paling tidak masukan ini-itu akan dilontarkan, untuk itu kita perlu mencari partner dalam menulis. Yaitu orang yang sejalan dengan kita dan selalu setia mengkritik untuk kemajuan kita dalam menulis
5.   Kirim tulisanmu ke penerbit
Nah setelah nomer 1-4 telah dilakukan, terakhir ini yang jarang dilakukan oleh penulis pemula. Mengirim ke penerbit kadang tidak dilakukan karena kurang pede akan hasil tulisan yang telah berbulan bulan dibuat. Hehe takut ditolak alasanya, ataupun takut mbayar karena sekarang banyak penerbit indy yang mengharuskan penulis membayar biaya cetak atau membeli buku karyanya sendiri. Nah lebih enak jadi penulis UC tho bisa menerbitkan tulisan sendiri setiap hari. Semangat berkarya ya sobat!

Sumber: https://www.instagram.com/p/BkzdZGkB5Dm/
loading...
Telah diterbitkan di UC News 21 Desember 2018

No comments: