Tuesday, December 4, 2018

Pembelajaran STEM untuk Revolusi Industri 4.0


Makin berkembangnya zaman, dunia pendidikan dituntut untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan tersebut. Tak ketinggalan sebagai ujung tombak jalannya pendidikan formal, seorang guru juga harus terus berinovasi mengikuti dan yang terpenting dapat menyampaikannya kepeserta didik mereka. Terbaru Revolusi Industri 4.0 menuntut kita semua untuk mengikutinya. Pembelajaran STEM menjadi salah satu alternatif dari beberapa inovasi dalam pembelajaran. Mengingat dalam pembelajaran STEM butuh imajinasi, kreativitas, kerja sama, komunikasi bahkan hingga pelibatan teknologi dari model enginnering yang diajarkan. Untuk itu penguasaan pembelajaran berbasis STEM haruslah dikuasai guru masa kini.

Lantas bagaimana institusi pendidikan harus mempersiapkan? Institusi pendidikan pun harus mendukung dan memprogramkan dalam kurikulumnya untuk pelaksanaan hal tersebut. Persiapan, pengkoordinasiaan dan penjalinan kerjasama dengan bidang industry yang mendukung pembelajaran tersebut sangatlah perlu dilakukan guna terpenuhinya hak siswa dalam mendapatkan pendidikan yang sesuai zaman mereka. Bahkan masyarakatpun perlu ikut kontri busi dalam jalannya pendidikan ini. Berdasarkan sumber yang diperoleh penulis dari www.stem.org.uk bahwa di Amerika, mereka telah membuat jejaring volounteer STEM di berbagai regional untuk menarik minat kaum muda dalam belajar STEM. Mereka telah melibatkan partisi untuk mendukung pendidikan yang mengarah ke revolusi Industri 4.0. Segala hal di lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung hal tersebut dilakukan. Sudahkah kita seperti itu? Minimal mendekati atau mulai meniru untuk mengejar ketertinggalan kita perlu menjadi sebuah gerakan.

Kalau kita mau, tentu akan mampu. Dukungan bersama baik dari guru sendiri yang harus mau untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan berkait dengan tuntutan tersebut, dari institusi pendidikan yang juga harus mendukung dan mulai merancang model kurikulum yang sesuai, intitusi non pendidikan maupun government juga harus pegang kebijakan dan menyediakan beberapa fasilitas public yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk siswa. Dengan begitu pembelajaran STEM dapat dilakukan di luar kelas sehingga anak akan lebih tertarik dan berkesan.  Berikut penulis sampaikan beberapa link video pembelajaran STEM yang penulis telah lakukan:

1.    Pembelajaran STEM dengan kapal Otok-otok : 
2.    Mengukur Luas Daun (STEM education in Biology: City Garden Explorring):
https://www.youtube.com/watch?v=uoYFl3hrKrA&t=149s
3. STEM education with Monorel Udara 009 : 
loading...

No comments: