Tuesday, December 4, 2018

Tips Menjadi Gupres? (2019) Download Panduan Gupres


Lomba Guru Berprestasi dan Berdedikasi merupakan muara dari semua lomba untuk guru. Mengingat ada 10 aspek penilaian yang harus dipenuhi oleh seorang guru jika ingin memenangkan lomba tersebut. Mulai kualifikasi akademik hingga pengabdian didaerah khusus menjadi syarat penilaian portofolio seorang calon gupres. Untuk itu butuh energy dan sumberdaya ekstra untuk bisa memenangi ajang bergengsi ini. Lah bisa dibayangkan gak apakah bisa kalau hanya setengah-tengah dalam mengikutinya? Tentu tidak, dan itu butuh persiapan khusus. Anda ingin atau berminat mengikutinya?



Untuk lebih matang dalam persiapan berikut penulis sampaikan beberapa tips untuk menjadi guru berprestasi:
Pertama, awali dengan niat dan usaha untuk mengumpulkan point sebesar besarnya untuk penilaian portofolio. Ingat usahakan sebisa mungkin seluruh aspek yang ada pada panduan fortofolio terisi semua. Karena memang portofolio ini memiliki porsi point yang cukup besar. Boommm, jika point aspek ini cukup besar tentu peluang anda untuk meneng akan lebih besar.

berikut panduan gupres 2019 : 1. Edararan Gupres 2019
2. Download Panduan Gupres Dikmen 2019
3. Download Panduan Gupres SMP 2019

Kedua, pelajari panduan resmi dari kemdikbud. Segera kuasai dan penuhi aspek yang diminta dalam panduan tersebut. Di panduan biasanya sudah ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Tapi ingat itu sebenarnya hanya syarat minimal yang harus dipenuhi. Nah ditambah dan dimodivikasi berati boleh bukan? So pasti tentu. Ok syarat minimal harus terpenuhi yak!

Ketiga, belajar pada yang pernah juara. Bagi sebagian orang mungkin malu untuk mau berguru kepada orang yang lebih mampu, padahal itulah kunci agar kita bisa lebih berhasil dari mereka. Tentu bukan seorang gupres kalau tidak mau berbagi. Silahkan serap dan pelajari kunci keberhasilan mereka dalam meraih sukses dalam ajang ini. Makin banyak guru hebat yang anda temui makin lenkap pula kunci sukses anda. Gabungkan itu semua untuk meraih juara.

Keempat, tentukan pembimbing untuk mengarahkan jalanmu. Diakui atau tidak, dipungkiri atau tidak peran seorang pembimbing sangatlah dibutuhkan. Jelas bedanya antara orang yang mendapat bimbingan dengan orang yang mendapat arahan dari seorang yang tentu sudah menguasai bidang tersebut. Aspek Karya Tulis, Tes profesionalisme, Wawancara maupun dalam penyusunan portofolio butuh tips n triks untuk membuatnya mendapat nilai lebih.

Kiranya masih banyak lagi tips yang anda bisa temukan dari orang lain. Beberapa tips tersebut hanyalah sedikit tips yang pernah penulis lakukan dalam mengikuti ajang gupres ditahun 2018. Semoga memberi kebermanfaatan. Aamiin!.

No comments: