Sunday, February 3, 2019

Download Materi Lomba Menulis Artikel Kebencanaan

Cover Buku Saku Tanggap Bencana
Bencana- Berdasarkan Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana secara jelas menyatakan bahwa setiap orang berhak mendapatkan pendidikan, pelatihan, dan keterampilan dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana, baik dalam situasi tidak terjadi bencana maupun situasi terdapat potensi bencana. Berdasarkan hal tersebut diharapkan melalui pendidikan mampu melakukan upaya pengurangan risiko bencana. Sehingga dapat mencapai sasaran yang lebih luas serta sikap sadar bencana dapat diperkenalkan secara lebih dini kepada seluruh peserta didik, dengan mengintegrasikan pendidikan pengurangan risiko bencana kedalam kegiatan pembelajaran di sekolah maupun kegiatan ekstrakurikuler.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan mempunyai tanggung jawab untuk membina dan mengembangkan profesi guru. Didasari dari belum optimalnya upaya mengakomodasi potensi-potensi guru dalam menulis khususnya tentang pembelajaran peningkatan kesiapsiagaan bencana. Maka, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus melalui Subdirektorat Kesejahteraan, Penghargaan, dan Pelindungan melaksanakan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka dalam rangka menggali gagasan (ide) dan/atau menuangkan hasil praktik baik (best practice) serta meningkatkan kesadaran akan kesiapsiagaan bencana.

Persyarata Peserta

Adapun Persyaratan Peserta Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana adalah sebagai berikut.

a. Guru Jenjang SMA/SMK dan Pendidikan Khusus
b. Tercatat di Dapodik Kemendikbud yang dibuktikan dengan tangkapan layar (Screenshot) dan dilegalisir oleh Dinas Pendidikan Provinsi.
c. Karya dilampiri lembar pengesahan yang ditandatangani oleh Pejabat Pembina Guru pada Dinas Pendidikan Provinsi/Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi

Tanggal Penting
1. Pendaftaran dan Pengiriman Artikel Online 1 Februari – 31 Maret 2019
2. Seleksi administrasi 1 – 5 April 2019
3. Penilaian Artikel 15 Maret – 8 April 2019
4. Penetapan Pemenang 24 – 26 April 2019o

Dowload Panduan Lomba:
Klik disini Panduan Lomba Menulis Artikel Pembelajaran Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana


Adapapun sebagai reverensi untuk mengikuti kegiatan lomba tersebut berikut penulis sampaikan beberapa materi tentang kebencanaan yang kami peroleh dari Pelatihan Pemantauan Dan Penyebarluasan Informasi Potensi Bencana yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang pada tanggal 2 Februari 2019 di Balai Kelurahan Semarang Barat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Semarang.

Klik untuk Download Materi:

loading...


Berikut juga Penulis sampaikan artikel yang telah penulis buat tentang gagasan kurikulum bencana yang dapat dijadikan sebagai referensi, silakan klik untuk Membaca:

Majukan Pendidikan Indonesia, Jadilah Masyarakat Sadar Bencana,
Semoga Bermanfaat!


No comments: