Monday, March 18, 2019

Pemanasan Global dan pencemaran Lingkungan

A. Pemanasan Global
Panas- "Wah-wah rasanya panas ya teman? terlebih kondisi mati lampu begini, AC mati yah terasa sauna dah." Tentu kondisi seperti itu pernah teman-teman alami bukan? Terlebih terasa panasnya kalau kalian tinggal di perkotaan yang pepohonan disana sudah sangatlah jarang. Nah kalian tidak ingin kondisi seperti itu terus terusan bukan?
Sumber: karyapemuda.com
Nah ilustrasi tersebut menunjukan perbandingan antara bumi yang hijau segar dan yang sudah rusak akibat pemanasan global. Tentu kita tidak ingin alam ini rusak, kitalah yang bisa mencegahnya mulai dari kita dan kita mengajak lingkungan kita untuk cinta terhadap bumi ini. Berikut beberapa contoh aktivitas yang bisa menyebabkan terjadinya global warming/pemanasan global yang layaknya kita cegah untuk massa depan bumi kita.
sumber: bintari
Kepada siapapun kita harus berani mengingatkan lho teman, sekali lagi demi masadepan bumi tempat tinggal kita dan ank cucu kita kelak. Aktivitas-aktivitas seperti terlihat dari gambar tersebut diatas layaknya kita hindari dan kita cegah agar suhu bumi tidak terus meningkat. Nah video berikut nie teman salah satu yang benar-benar merasakan dampaknya akibat pemanasan global selain kita disini.
Sumber: chanel youtube passangger news







B. PENGERTIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN

Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat  tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya (Undang-undang Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. 4 Tahun 1982).
Peristiwa pencemaran lingkungan disebut polusi. Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. Contohnya, karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara berfaedah bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% dapat rnemberikan efek merusak.
Pencemaran Sungai Akibat Sampah Plastik

Suatu zat dapat disebut polutan apabila :
Jumlahnya melebihi jumlah normal.
Berada pada waktu yang tidak tepat
Berada pada tempat yang tidak tepat
Sifat polutan adalah :
Merusak untuk sementara, tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi
Merusak dalam jangka waktu lama. Contohnya Pb tidak merusak bila konsentrasinya rendah. Akan tetapi dalam jangka waktu yang lama, Pb dapat terakumulasi dalam tubuh sampai tingkat yang merusak.

C.    MACAM-MACAM PENCEMARAN
Ø Menurut tempat terjadinya
Menurut tempat terjadinya, pencemaran dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu pencemaran udara, air, dan tanah.
Pencemaran udara
Pencemar udara dapat berupa gas dan partikel. Contohnya sebagai berikut:
Gas HzS. Gas ini bersifat racun, terdapat di kawasan gunung berapi, bisa juga dihasilkan dari pembakaran minyak bumi dan batu bara.
Gas CO dan COz. Karbon monoksida (CO) tidak berwarna dan tidak berbau, bersifat racun, merupakan hash pembakaran yang tidak sempurna dari bahan buangan mobil dan mesin letup. Gas COZ dalam udara murni berjumlah 0,03%. Bila melebihi toleransi dapat meng- ganggu pernapasan. Selain itu, gas C02 yang terlalu berlebihan di bumi dapat mengikat panas matahari sehingga suhu bumi panas. Pemanasan global di bumi akibat C02 disebut juga sebagai efek rumah kaca
Partikel SOZ dan NO2. Kedua partikel ini bersama dengan partikel cair membentuk embun, membentuk awan dekat tanah yang dapat mengganggu pernapasan. Partikel padat, misalnya bakteri, jamur, virus, bulu, dan tepung sari juga dapat mengganggu kesehatan
Batu bara yang mengandung sulfur melalui pembakaran akan menghasilkan sulfur dioksida. Sulfur dioksida bersama dengan udara serta oksigen dan sinar matahari dapat menghasilkan asam sulfur. Asam ini membentuk kabut dan suatu saat akan jatuh sebagai hujan yang disebut hujan asam. Hujan asam dapat menyebabkan gangguan pada manusia, hewan, maupun tumbuhan. Misalnya gangguan pernapasan, perubahan morfologi pada daun, batang, dan benih.
Sumber polusi udara lain dapat berasal dari radiasi bahan radioaktif, misalnya, nuklir. Setelah peledakan nuklir, materi radioaktif masuk ke dalam atmosfer dan jatuh di bumi. materi radioaktif ini akan terakumulusi di tanah, air, hewan, tumbuhan, dan juga pada manusia. Efek pencemaran nuklir terhadap makhluk hidup, dalam taraf tertentu, dapat menyebabkan mutasi, berbagai penyakit akibat kelainan gen, dan bahkan kematian Pencemaran udara dinyatakan dengan ppm (part per million) yang artinya jumlah cm3 polutan per m3 udara.
2. Pencemaran air
Polusi air dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar sebagai berikut:
Pembuangan limbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan  sampah domestik, misalnya, sisa detergen mencemari air. Buangan industri seperti Pb, Hg, Zn, dan CO, dapat terakumulasi dan bersifat racun.
Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan 02 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air
Fosfat hasil pembusukan bersama h03 dan pupuk pertanian  terakumulasi dan menyebabkan eutrofikasi, yaitu penimbunan mineral yang menyebabkan pertumbuhan yang cepat pada alga (Blooming alga). Akibatnya, tanaman di dalam air tidak dapat berfotosintesis karena sinar matahari terhalang.
Salah satu bahan pencemar di laut ada lah tumpahan minyak bumi, akibat kecelakaan kapal tanker minyak yang sering terjadi. Banyak organisme akuatik yang mati atau keracunan karenanya. (Untuk membersihkan kawasan tercemar diperlukan koordinasi dari berbagai pihak dan dibutuhkan biaya yang mahal. Bila terlambat penanggulangan-nya, kerugian manusia semakin banyak. Secara ekologis, dapat mengganggu ekosistem laut.
Bila terjadi pencemaran di air, maka terjadi akumulasi zat pencemar pada tubuh organisme air. Akumulasi pencemar ini semakin meningkat pada organisme pemangsa yang lebih besar.
3. Pencemaran tanah
Pencemaran tanah disebabkan oleh beberapa jenis pencemaran berikut ini :
Sampah-sampah plastik yang sukar hancur, botol, karet sintesis, pecahan kaca, dan kaleng Detergen yang bersifat non bio degradable (secara alami sulit diuraikan) Zat kimia dari buangan pertanian, misalnya insektisida.
4. Pencemaran suara
Polusi suara disebabkan oleh suara bising kendaraan bermotor, kapal terbang, deru mesin pabrik, radio/tape recorder yang berbunyi keras sehingga mengganggu pendengaran.
Menurut macam bahan pencemar
Macam bahan pencemar adalah sebagai berikut:
1.Kimiawi
Berupa zat radio aktif, logam (Hg, Pb, As, Cd, Cr dan Hi), pupuk anorganik, pestisida, detergen dan minyak
2. Biologi
Berupa mikroorganisme, misalnya Escherichia coli, Entamoeba coli, dan Salmonella thyposa.
3. Fisik;
Berupa kaleng-kaleng, botol, plastik, dan karet.
Ø Menurut tingkat pencemaran
Menurut WHO, tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu (lamanya) kontak. Tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut :
Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dan tubuh serta telah menimbulkan kerusakan pada ekosistem lain. Misalnya gas buangan kendaraan bermotor yang menyebabkan mata pedih.
Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan menyebabkan sakit yang kronis. Misalnya pencemaran Hg (air raksa) di Minamata Jepang yang menyebabkan kanker dan lahirnya bayi cacat.
Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besarnya sehingga menimbulkan gangguan dan sakit atau kematian dalam lingkungan. Misalnya pencemaran nuklir.
# Parameter Pencemaran
Dengan mengetahui beberapa parameter yang ads pads daerah/kawasan penelitian akan dapat diketahui tingkat pencemaran atau apakah lingkungan itu sudah terkena pencemaran atau belum. Paramaterparameter yang merupakan indikator terjadinya pencemaran adalah sebagai berikut :
a) Parameter kimia
Parameter kimia meliputi C02, pH, alkalinitas, fosfor, dan logam-logam berat.
b) Parameter biokimia
Parameter biokimia meliputi BOD (Biochemical Oxygen Demand), yaitu jumlah oksigen dalam air. Cars pengukurannya adalah dengan menyimpan sampel air yang telah diketahui kandungan oksigennya selama 5 hari. Kemudian kadar oksigennya diukur lagi. BOD digunakan untuk mengukur banyaknya pencemar organik. Menurut menteri kesehatan, kandungan oksigen dalam air minum atau BOD tidak boleh kurang dari 3 ppm.
c) Parameter fisik
Parameter fisik meliputi temperatur, warna, rasa, bau,  kekeruhan, dan radioaktivitas.
d) Parameter biologi
Parameter biologi meliputi ada atau tidaknya mikroorganisme, misalnya, bakteri coli, virus, bentos, dan plankton.

D.    PENANGGULANGAN PENCEMARAN
1. Penanggulangan secara administratif
Penanggulangan secara administratif terhadap pencemaran lingkungan merupakan tugas pemerintah, yaitu dengan membuat peraturan-peraturan atau undang-undang. Beberapa peraturan yang telah dikeluarkan, antara lain sebagai berikut :
a)     Pabrik tidak boleh menghasilkan produk (barang) yang dapat mencemari lingkungan. Misalnya, pabrik pembat lemari es, AC dan sprayer tidak boleh menghasilkan produk yang menggunakan gas CFC sehingga dapat menyebabkan penipisan dan berlubangnya lapisan ozon di stratofer.
b)    Industri harus memiliki unit-unit pengolahan limbah (padat, cair, dan gas) sehingga limbah yang dibuang ke lingkungansudah terbebas dari zat-zat yang membahayakan lingkungan.
c)     Pembuangan sampah dari pabrik harus dilakukan ke tempat-tempat tertentu yang jauh dari pemukiman.
d)    Sebelum dilakukan pembangunan pabrik atau proyek-proyek industri harus dilakukan analisis mengenai dampak lingkungan (AM-DAL).
e)     Pemerintah mengeluarkan buku mutu lingkungan, artinya standar untuk menentukan mutu suatu lingkungan. Untuk lingkungan air ditentukan baku mutu air , sedangkan untuk lingkungan udara ditentukan baku mutu udara. Dalam buku mutua air, antara lain tercantum batasan kadar bahan pencemar logam berat, misalnya fosfor dan merkuri. Didalam buku mutu udara, antara lain tercantum batasan kadar bahan pencemar, misalnya gas CO2 dan CO. Pemerintah akan memberikan sanksi kepada pabrik yang menghasilkan limbah dengan bahan pencemar yang melebihi standar baku mutu.
2. Penanggulangan secara teknologis
Penanggulangan pencemaran lingkungan secara teknologis, misalnya menggunakan peralatan untuk mengolah sampah atau limbah. Di surabaya terdapat suatu tempat pembakaran akhir sampah dengan suhu yang sangat tinggi sehingga tidak membuang asap. Tempat tersebut dinamakan insenerator.
3. Penanggulangan secara Edukatif
Penangkalan pencemaran secara edukatif dilakukan melalui jalur pendidikan baik formal maupun nonformal. Melalui pendidikan formal, disekolah dimasukkan pengetahuan tentang lingkungan hidup tentang lingkungan hidup kedalam mata pelajaran yang terkait, misalnya IPA dan Pendidikan agama. Melalui jalur pendidikan nonformal dilakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan dan pencegahan serta penanggulangan pencemaran lingkungan.
Dengan penyuluhan dan pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran baik secara individu maupun secara berkelompok untuk memahami pentingnya kelestarian lingkungan.


Nah Sebagai Latihan Soal kerjakan Quiz Berikut yakkkk,...
Semangat Belajar!

Wednesday, March 13, 2019

Rahasia Menembus Reseach Block Grant (Seameo-Seamolec)

Sumber Seameo Qitep In Science
Research- Menjadi 28 besar dari lebih 1400-an peserta dari kalangan pendidik dan akademisi rasanya sesuatu banget, diantara ga nyangka dan bersyukur karena Allah telah memberi kesempatan emas ini untuk bisa wawancara via video Converen (Vidcon) didepan juri profesional. Edaran Bock Grant Research dari Seamolec tahun ini tanpa pikir panjang saya ambil walau disela kesibukan bingung mencari ide penelitian yang memang harus Wauooo untuk bisa tembus proposal ini, mengingat persaingan yang begitu ketatnya.

Dalam seleksi Block Grant tahun ini yang mengambil tema besar pembelajaran di era pendidikan 4.0 peserta di wajibkan membuat video pendek yang harus di upload ke youtube guna di kirimkan linknya ke panitia seleksi. Video jangan terlalu panjang yak pastinya juri akan bosan karena begitu banyaknya proposal yang masuk, cukup sampaikan sesingkat mungkin apa inti dari isi proposal teman-teman dan jangan bertele-tele. Nah berikut nie teman contoh video tersebut:
loading...

Sumber: Youtube Pembingkai Mimpi

Nah tentu Selain Video yang jauh lebih penting adalah kualitas proposal kita teman, lantas kira kira apa sih rahasianya agar proposal kita bisa tembus sampai level ini?
berikut nie teman sedikit tips yang bisa saya bagikan, mohon maaf bukan bermaksud menggurui hehe tapi cerita aja pengalaman yang telah saya lakukan sehingga sampai ke level ini. hehehe ga ada salahnya kan berbagi, yupppppp langsung aja yak!

Rahasia Menembus Block Grant Reseach:
Pertama, Kekuatan ide. Benar sekali kasarnya kalau boleh dikata, setebal apapun proposal teman-teman kalau minim ide baru yang benar bener kuat tentu akan percuma, ingat lebih dari seribu kekuatan kita temen. So kuatkan ide, buat ide se waouuuu mungkin agar juri bener-bener tertarik dengan ide penelitian temen-temen. Dan tentu perlu digaris bawahi pula ide kuat tidak harus mahal ya temen. Makin Kuat Ide dengan biaya terjangkau akan jauh lebih menarik, coz akhirnya karya kita haruslah bisa di tiru ditempat lain.
Baca Juga : Tips Menjadi Guru Kreatif

Kedua, Buat anggaran biaya sewajar mungkin. Nah tentu juri bakalan paling tidak suka kalau menemukan, angka-angka yang tidak wajar ya teman. Indikasi markup dana akan begitu terlihat kalau kita membuatnya tidak wajar. Ingat kita masih dalam kondisi minta dana penelitian so harus sewajar dan usahakan sejujurnya sesuai anggaran yan memang benar-benar mau digunakan, dan hindari kesan mengada-ada.

Ketiga, Perhatikan kerangka/format laporan. Dalam lomba apapun biasanya panitia menginginkan format tersendiri. Jadi sesuaikan format yang teman-teman ajukan sesuai batasan yang disampaikan panitia. Boleh temen-temen tambahi asalkan format pokok dari panitia sudahlah temen-temen penuhi. So jangan menambahi dengan cara mengurangi ketentuan yang telah ditentukan.

Keempat, Kekuatan treck record temen-temen dibidang penelitian. Memang bukan yang utama, tetapi hal ini jadi penting karena akan sangat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan juri kepada kita. Bukan pertimbangan utama tapi hal ini akan berbicara, hehe tidak percaya buktikan saja.
Kenapa begitu? berkali kali tiap kali mengikuti event, baik lomba, pelatihan, kompetisi atau apapun itu yang harus menyertakan biodata, provil atau portopolio apapun itu Alhamdulillah dengan treck record yang sempurna alhamdulillah saya selalu mendapatkan posisi. Masih gak percaya? Buktikan sendiri ya teman.
Uppppp, tentu teman-teman jauh lebih berpengalaman dari itu semua,... tambahan masukan sangat saya harapkan,.. tentu dengan sedikit meninggalkan jejak dikolom komentar akan membuat saya lebih senang lagi dalam berbagi... hehe

Semangat Mencoba ya teman.....
Nah berikut contoh proposalnya nie teman, ini batasan minimal ya teman dan tentu bisa teman-teman kembangkan sendiri sesuai kebutuhan dan kepentingan teman-teman:

Download Contoh Proposa Research Block Grant

Thursday, March 7, 2019

Materi Tambahan IPA Hari Sabtu (1)

Gambar terkaitWah Semangat! anak-anakKu, bentar lagi gak terasa dah mau USBN! Tentu sudah siap bukan?Tentu!


Nah untuk bahan tambahan pelajaran besuk Hari Sabtu berikut  Sir_m03L sampaikan  latihan soalnya nih agar besuk bisa dibahas bareng pembimbing kalian.
silahkan klik link berikut untuk mendownload:

loading...
Dwonload dan diprint ya guysss besuk kita bahas

Semangat belajar yak!
Fokus, yakin bisa n selalu pegang prinsif KEJUJURAN yak agar lebih berkah ilmu yang kalian dapat! Serta endingnya sekolah harapan dapat kalian raih. Aamiin!

5 Jurus Guru Hebat, No 5 Sering Terlupa

25 Guru Hebat AAI batch2 



 “Jika ingin memberi anak ikan jangan sampai langsung membelikannya ikan goreng dan menyuapinya, akan tetapi belikan mereka pancingan. Dengan begitu mereka akan belajar dan tahu bagaimana caranya mendapatkan ikan, bagaimana memasak ikan sehingga nikmatnya rasa ikan akan bisa lebih mereka nikmati.” (Syaiful Bahri)


1.   Ajarkan bagaimana siswa belajar
Penulis masih teringat jelas pesan dari bapak Syaiful Bahri (Alm), beliau bapak mertua saya. Pesan beliau dalam mendidik anak diibaratkan dengan analogi memancing. “Jika ingin memberi anak ikan jangan sampai langsung membelikannya ikan goreng dan menyuapinya, akan tetapi belikan mereka pancingan. Dengan begitu mereka akan belajar dan tahu bagaimana caranya mendapatkan ikan, bagaimana memasak ikan sehingga nikmatnya rasa ikan akan bisa lebih mereka nikmati.”
Hindari mudah memarahi atau membenci atas kekurangan mereka, ingat mereka lagi proses belajar dan tentu hasilnya belum semaksimal sesuai yang kita harapkan. Sesekali beri pujian untuk menyemangatinya, beri masukan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mereka. Ajari bagaimana mereka belajar, tunjukan betapa mereka butuh belajar dan selalu ingat akan pentingnya belajar. Metode pembelajaran yang kreatif dan hebat memang sangatlah dibutuhkan, akan tetapi mengajari anak bagaimana cara belajar itu lebih penting.

2.   Pelajari bagaimana karakter dan potensi anak

loading...
Membuat mereka menemukan cara belajar yang sesuai untuk mereka adalah yang perlu ditemukan oleh kita seorang guru. Dengan tipe belajar yang mereka miliki masing-masing serta keunikan diri mereka tentu gaya belajar mereka juga kan lain. Anak tipe auditori tentu perlu perlakuan yang berbeda dengan anak yang memiliki tipe kinestetik. Pelajari karakter mereka, gunakan pendekatan yang berbeda untuk anak dengan tipe belajar yang berbeda. Hal ini bisa dilakukan minimal lewat penugasan yang berbeda, tanpa mengurangi bobot materi yang diajakan.

3.   Hargai anak dengan melibatkannya
Pembagian pola asuh anak kedalam tiga fase perkembangan anak perlu dilakukan.  Hal ini sesuai yang dilakukan oleh sahabat Ali bin Abi Tholib yang juga telah dituliskan oleh Nafik Palil dalam bukunya yang berjudul Menyiapkan Ananda Menjadi Sang Juara Kehidupan. Fase pertama usia 0-7 tahun perlakukan anak seperti raja (ajaklah mereka bermain), fase kedua usia 8-14 tahun perlakukan anak seperti tawanan perang (ajarkan mereka adab) dan fase ketiga usia 15-21 perlakukan anak seperti kawan (jadikan mereka sahabat). Ajak diskusi, cari masukan dari mereka, ajukan pertanyaan logika untuk mereka.

4.   Tampilah maksimal didepan anak
Tidak hanya tampilan menarik tapi sikap yang menarik juga perlu ditampilkan untuk menambah semangat anak dalam mengikuti pelajaran. Tujukan keteladanan tidak hanya dalam berpenampilan akan tetapi juga dalam bersikap. Tularkan sikap optimis untuk selalu prestatif pada mereka. Buat anak kagum seakan belajar adalah segalanya, dan guru bisa segalanya dengan cara kreatif yang anda tunjukan didepan mereka.

5.   Menjadikan murid hebat dizamannya
Teringat pesan Abib Hasan Al-Jufri asal semarang saat silaturahmi kerumah beliau.
“Tugas kita hanya mendoakan mereka (baca: anak-anak), tantangan mereka dizamannya jauh lebih hebat dari pada kita dulu. Kalaupun tidak dikabulkan sekarang, itu untuk anak mereka besok, kalau tidak untuk cucu mereka besok, cicit mereka dan seterusnya, insyallah pasti dikabulkan”. Pesan beliau bijak.
          Benar sekali kita hidup dan dibesarkan di akhir abad 20 sedangkan anak didik kita mulai tumbuh dan berkembang diabad 21. Terlihat jelas dari hal yang sederhana, mainan kita dulu dan anak kita sekarang saja sudah jauh berbeda. Tantangan era digital yang banyak mewarnai hari-hari mereka. Tentu perlakuan untuk mendidik merekapun tidaklah sama seperti cara orangtua atau guru kita dulu dalam mendidik kita. Ajarkan sikap pada mereka untuk selalu bijak dalam memanfaatkan teknologi. Ajarkan tentang kreatifitas untuk hidup mereka, buat mereka hebat dizamanya.



Friday, March 1, 2019

Kisi-Kisi dan Latihan Soal PTS2 IPA 2018/2019

Sumber: Doc. Pribadi
PTS2- Alhamdulillah ¾ tahun terlalui oleh kalian dalam menjalankan belajar di tahun ajaran 2018/2019 ini. Nah waktunnya Penilaian Tengah Semester 2 (PTS2) pun tiba. Belajar tentu harus kan ya? Nah namun belajar agar lebih terarah perlu ada yang namanya kisi-kisi. Berikut akan Sir_m03L sampaikan apa saja Kisi-Kisi PTS2 IPA tahun ini:
1. Organisasi Kehidupan
    a. Bagian Sel dan Fungsinnya
    b. Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan
    c. Fungsi bagian sel batang dan sel daun
atau dapat kalian baca dari link berikut:



loading...

2. Interaksi Makhluk Hidup

    a. Simbiosis (3) Mutualisme, Komensalisme, parasitisme contoh dan penjelasannya
    b. Predasi, kompetisi, netral, antibiosis dan contohnya
    c. Rantai makanan dan jaring-jaring makanan
3. Pencemaran Lingkungan
    a. Pencemaran Air, Udara dan Tanah
    b. CFC hubungannya dengan pemanasan global dan lapisan ozon
    c. Pengurangan dampak pencemaran lingkungan dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recicly)
Tandai materi materi tersebut dari buku paket Beruang kalian yak,.. 

Link Download Latihan Soal PTS2 IPA kelas 7:
semoga Anak-Anakku diberi kemudahan dalam menjalankan PTS2 ini, 
Yupppp 
Semangat Belajar dan Membingkai Mimpi yak! Sukses untuk kalian. Aamiin